Senin, 17 Agustus 2009

Presiden Belarusia yang Anti-Yahudi


Israel gondok. Sikap anti-semit atau anti-Yahudi muncul dimana-mana. Kali ini datang dari presiden Belarusia, Aleksander Lukashenko.

“Apa Anda pernah ke Bobsruk? Apa Anda pernah melihat keadaan kota itu? Seperti kandang babi.” Ujar Lekashenko yang saat ini mencanangkan negaranya untuk selalu menjaga kebersihan.

“Bobsruk adalah kota yang dipenuhi dengan orang Yahudi. Dan Anda tahu bagaimana Yahudi memperlakukan tempat yang mereka tinggali. Saya tak ingin menyerang siapapun, tapi orang-orang Israel itu tak pernah menyiangi rumput, tak seperti di Moscow, atau di Belarusia.” tambahnya.

Republik Belarus atau Belarusia adalah sebuah negara di Eropa Timur dengan ibu kota Minsk. Negara ini secara administratif terbagi menjadi 6 provinsi (voblast) dan sebuah kota khusus. Belarus ialah negara pedalaman, relatif datar, dan memiliki bidang berawa yang besar. Danau dan sungai membentuk negeri ini. Daerah rawa terbesar ialah Polesia, yang merupakan salah satu rawa terbesar di Eropa. Ada 11.000 danau di Belarus, dan menjadikannya sebagai salah satu Negara Eropa yang kaya akan danau.

Tzipi Livni, mantan menteri luar negeri Israel, menanggapi, “Komentar Lukashenko seperti mengembalikan kita pada mitos zaman dulu: bahwa bangsa Yahudi kotor, dekil, dan bau.”

Tapi Livni tampaknya lupa, yang mengatakan seperti itu justru Lenni Brenner, seorang Yahudi yang menjadi sejarawan. (sa/qmh)

Tidak ada komentar: